Hari Bhakti TNI AU Ke- 75, Lanud Raden Sadjad Gelar Demo Paralayang  

0
19

 

Natuna (DKN) – Dalam rangka menyemarakkan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara (AU) ke-75 tahun 2022, Pangkalan TNI AU (Lanud) Raden Sadjad menyelenggarakan acara Demo Paralayang di halaman Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kamis (28/7/2022) sore.

Demo paralayang tersebut dilakukan oleh Tim Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) Mabes TNI AU yang diperagakan Paban III/Tahwildirga Spotdirga AU, Letkol Pas Agustinus Tangi Bali selaku instruktur.

Dikarenakan angin tidak sesuai dengan harapan, demo paralayang tidak dapat dilakukan.Meski begitu, Paban III/Tahwildirga Staf Potensi Dirgantara(Spotdirga) Mabes AU, Kolonel Pnb Nurtantio Affan yang turut hadir mengatakan, Danlanud RSA, Kolonel Pnb Jajang Setiawan sebagai Ketua Harian Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (FASIDA) di Natuna dan sesuai dengan program Mabes TNI AU dalam rangka pembinaan potensi dirgantara satu di antaranya adalah menggiatkan olahraga dirgantara tersebut yaitu berupa paralayang, paramotor dan sebagainya.

“Oleh sebab itu kami juga ingin agar Natuna bisa bergabung, Natuna juga bisa berkembang dengan olahraga dirgantara ini,” kata Kolonel Nurtanio Affan.

Ia berharap demo paralayang yang dilakukan tersebut nantinya akan ada peminat, khususnya generasi muda di Natuna.

“Kami dan Bupati Natuna sudah berdiskusi kalau nanti Mabes AU mengizinkan, kami ingin implementasikan kegiatan prestasi kita secara bertahap, seperti pelatihan paralayang yang disifatnya prestasi dan rekreasional,” kata Kolonel Nurtanio Affan.

Untuk menggapai tujuan tersebut, pihaknya pin telah mensurvei tiga titik lokasi sebagi spot paralayang. Dari 3 spot mulai dari Bukit Kapur, Tanjung Datuk, dan hari ini di Selat Lampa. Menurut tim survei, hanya di Selat Lampa yang berpotensi bisa digunakan untuk olahraga paralayang.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Bupati Natuna, Wan Siswandi mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) menyambut baik perhatian Mabes AU dengan adanya demo paralayang di Natuna dan perencanaan terkait olahraga dirgantara di Natuna.

Selain menciptakan atlet paralayang, menurutnya dari olahraga paralayang juga bisa menjadi lahan wisata seperti yang ada di Kota Batam.

“Mudah-mudahan survei yang dilakukan ini nantinya Pimpinan Mabes AU berkenan mengadakan event paralayang di sini dan dapat menunjang wisata,” kata Bupati Wan Siswandi.

Sementara itu, Danlanud RSA, Kolonel Pnb Jajang Setiawan mengataka, kedepannya pihaknya menyesuaikan program dari Spotdirga Mabes AU.

“Pada prinsipnya kami di sini menginginkan ada putra daerah yang menjadi atlet nasional dalam olahraga dirgantara,” ujarnya.

Sebagai Ketua Fasida di Natuna pihaknya sudah mengajukan beberapa peralatan yang cukup mahal.

“Kalau ada putra daerah yang ingin bergabung maka akan kami lengkapi dengan peralatan yang dimiliki negara,” katanya. (Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini