Panglima TNI Bersama Kapolri Buka Latsitardanus XLI/2021 Wilayah Sumut

0
228

Belawan (DKN) – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP, MM, bersama Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, MSi, secara resmi membuka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara XLI Tahun 2021 Wilayah Sumatera Utara di Dermaga Lantamal I Belawan, Rabu (7/4/2021).

 

Upacara pembukaan dipimpin Panglima TNI sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Kolonel Pnb Ardi Syahri, ST, MM, (alumni AAU 1996) yang juga Danwing Taruna AAU.

 

Latsitardanus XLI TA 2021 Wilayah Sumut ini melibatkan 1031 orang. Terdiri dari Taruna Akmil 227, AAL 101, AAU 91, Akpol 283, mahasiswa 100, serta 229 pendukung yang merupakan pengasuh dan pelatih, dosen pembimbing serta pendukung dari Akademi TNI.

 

Kegiatan yang berlangsung selama 18 hari (7-24 April 2021) ini mengangkat tema “Latsitardanus XLI/2021 Turut Mensukseskan Program Pemerintah dalam Pencegahan Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di Wilayah Sumatera Utara”, dengan daerah sasaran meliputi Kabupaten Simalungun, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deliserdang, Kota  Tebing tinggi dan Kota Binjai.

 

Acara pembukaan diawali dengan penekanan tombol sirine oleh Panglima TNI, dan dilanjutkan  penyematan tanda peserta latihan serta penyerahan alat kerja, masing-masing kepada Satlak Macan dan Hiu oleh Panglima TNI serta Satlak Elang dan Kijang oleh Kapolri.

 

Panglima TNI menjelaskan, Latsitardanus XLI/2021 wilayah Sumut ini memiliki makna sangat penting di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional.

 

Karena itu, Panglima TNI sangat berharap kegiatan Latsitardanus XLI/2021 ini nantinya bisa mengurangi beban rakyat melalui kerja nyata, dan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

“Latsitardanus XLI/2021 ini juga sebagai momentum untuk membangun sinergi TNI-Polri dan masyarakat, serta sarana menumbuh kembangkan jiwa kejuangan, cinta tanah air, semangat integrasi dan kerja sama yang saat ini sangat dibutuhkan untuk membangkitkan nasionalisme membangun negeri,” urai Panglima TNI.

 

Oleh karena itu, Panglima TNI menekankan agar pelaksanaan Latsitardanus XLI/2021 ini benar-benar dimanfaatkan untuk menimba pengalaman, serta membangun kerja sama dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional di wilayah Sumatera Utara.

 

Adapun kegiatan fisik atau karya bakti dalam Latsitardanus XLI/2021 ini meliputi perbaikan fasilitas umum (rumah ibadah, pos kamling, MCK, RTLH, pembuatan jalan/pavingisasi, pengaspalan jalan, perbaikan drainase dan lainnya. Sedangkan kegiatan non fisik yang meliputi riset sosial, penyuluhan tentang pencegahan Covid-19, kesehatan, bahaya narkoba, dan promosi Akademi TNI dan Akpol ke sekolah-sekolah.

 

Di kesempatan yang sama, Panglima TNI juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumut, Pangdam I/BB, Kapolda Sumut, Bupati dan Walikota serta unsur FKPD yang wilayahnya menjadi daerah sasaran Latsitardanus XLI/2021.

 

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para Kepala Staf Angkatan, Danjen Akademi TNI, Kalemdiklat Polri, para Gubernur Akademi Angkatan, Gubernur Akademi Kepolisian, para rektor serta pembina dan pelatih yang terlibat dalam Latsitardanus XLI/2021.

 

Selesai Panglima TNI menyampaikan amanatnya, acara dilanjutkan dengan persembahan tarian delapan etnis Sumut, serta penampilan GS Taruna Angkatan dan Akpol.

 

Sumber : Pendam I/BB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini