Duta Bahasa Nasional 2020 dan Inovasi Bagi Negeri

0
17

EF Dukung Langkah Pemerintah Internasionalisasikan Bahasa Indonesia Melalui Penilaian Kemampuan Berbahasa Inggris Finalis Duta Bahasa Nasional

Jakarta (DKN) – EF English First (EF) tahun ini kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi salah satu juri dalam pemilihan Duta Bahasa Nasional 2020, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada 19-24 Oktober 2020, di Jakarta. Bertindak sebagai juri mewakili EF, tim peneliti dan pengembangan akademi dan kurikulum di EF Wendy George, melakukan penilaian terhadap Pengetahuan Kebahasaan dan Keterampilan Berbahasa Asing 68 peserta Duta Bahasa yang mewakili 33 provinsi di Indonesia.

“Kami merasa senang dapat kembali terlibat dalam penjurian dan terus mendukung program Duta Bahasa Nasional. Program ini sangat penting bagi Indonesia, dan menurut kami program ini perlu diperluas untuk mencakup lebih banyak lagi sekolah dan institusi di Indonesia. Penting bagi generasi muda Indonesia untuk menyadari kekayaan sejarah bahasa mereka dan yakin akan potensi besar bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa komunikasi global.” Ungkap Wendy George, Research & Development Advisor EF Indonesia.

Ni Putu Ayu Widari, M.Pd, Koordinator Substansi Penghargaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, “Melalui mekanisme penjurian wawancara terbuka, EF sangat berkompeten menilai kemampuan peserta dengan sangat baik, dan memberikan masukan yang membangun bagi peserta agar mereka dapat menguasai bahasa asing dengan lebih baik lagi. Selain itu, EF sebagai lembaga pendidikan bahasa asing terpercaya telah membuktikan kemampuan dan perannya dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing masyarakat Indonesia.”

Beberapa variabel penilaian kemampuan berbahasa asing para finalis Duta Bahasa Nasional, diantaranya; 1) Usia awal perolehan bahasa asing, semakin muda seorang memulai maka aksen dan intonasi semakin akurat; 2) Akses dan materi praktik bahasa. Penguasaan materi serta kemahiran praktik kebahasaan yang relevan dan sesuai dengan tujuan serta kebutuhan untuk mampu bersaing secara global; 3) Akses ke penutur asli dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan aspek penting dan memengaruhi kefasihan dalam berbahasa asing.

Ni Putu Ayu juga menambahkan, selain mampu merealisasikan Trigatra Bahasa yaitu mengutamakan pemakaian bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing dalam bentuk kegiatan-kegiatan konkret di masyarakat, para Duta Bahasa Nasional 2020 juga akan mengemban tiga tugas sebagai; Abdi Bahasa untuk kegiatan pengembangan dan peningkatan budaya literasi masyarakat, Jaga Bahasa untuk mengampanyekan penggunaan bahasa di ruang publik, dan Niaga Bahasa untuk menyelenggarakan kegiatan edukasi kebahasaan dan kesastraan dalam bentuk produk niaga, kelas bahasa asing, seminar serta pameran.

Melalui tema Inovasi Bagi Negeri dan Krida Bahasa sebagai kegiatan pendukung program, diharapkan para Duta Bahasa mampu menciptakan kegiatan dan produk inovatif di bidang kebahasaan dan kesastraan yang sesuai dengan perkembangan jaman.

Beberapa karya dari Krida Bahasa diantaranya; Robot Bahasa, Siniar (Podcast), Bahan Bacaan Literasi, Permainan Ular Tangga Digital bertema kebahasaan dan kesastraan, serta berbagai produk lainnya.

Duta Bahasa yang terpilih nantinya akan diseleksi untuk menjadi Duta Bahasa Negara dalam program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di luar negeri.

Wendy George berpendapat bahwa kemampuan berbahasa asing para finalis Duta Bahasa Nasional 2020 cukup baik dan dapat menjadi modal bagi mereka untuk berkomunikasi, berdiplomasi, dan mengenalkan bahasa dan budaya Indonesia ke dunia. Dengan meningkatkan kefasihan berbahasa asing dan penguasaan tenses (tata bahasa), maka cita-cita untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai komunikasi global dapat segera tercapai.

Guna mendukung peningkatan kemampuan berbahasa Inggris generasi muda di Indonesia, EF Kids & Teens memberikan promo diskon 10% untuk berbagai program online yang seru dan interaktif selama periode 7 hingga 30 November. Informasi lebih lengkap silakan kunjungi www.ef.co.id/WIB.

Tentang EF
EF Education First (EF) merupakan lembaga pendidikan swasta terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1965 oleh Bertil Hult di kota Swedishbuniversity of Lund, dengan lebih dari 500 kantor cabang dan sekolah di lebih dari 50 negara dan lebih dari 50 tahun pengalaman di industri pendidikan. EF membantu seluruh warga dunia mulai dari segmen profesional, korporasi, usia anak dan remaja dalam membuka wawasan internasionalnya. EF juga menyediakan layanan wisata pendidikan, pertukaran budaya, atau program pendidikan bergelar. Informasi lebih lanjut tentang EF silakan kunjungi website: https://www.ef.co.id.

Tentang Duta Bahasa Nasional
Duta Bahasa Nasional merupakan program pembinaan kebahasaan dan kesastraan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang ditujukan bagi generasi muda untuk meningkatkan peran dan partisipasi generasi muda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah penggunaan masing-masing guna memperkuat jati diri dan daya saing bangsa.

Kontak Media

Lisha Darmawan
Sr. PR Consultant
PT Inter Media Fortuna (Chemistry PR)
lisha@imfortuna.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here